Transparansi Pengelolaan Anggaran di Desa Pematang, Patut Dicontoh

Transparansi Pengelolaan Anggaran di Desa Pematang, Patut Dicontoh

LAMSEL, INFODESAKU – Transparansi pengelolaan anggaran yang diterapkan pemerintah Desa Pematang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan patut diacungi jempol dan menjadi contoh desa lainnya.

Bagaimana tidak, dalam setiap pembangunan yang ada di desanya, bukan hanya papan proyek pengerjaan yang di pasang, namun sebuah prasasti dengan rincian yang sangat jelas dari mulai anggaran maupun volume pengerjaan juga ikut terpasang.

Dikatakan Kepala Desa Pematang, Syamsul Bahri S.H kepada Infodesaku di ruang kerjanya pada Kamis (30/11/2017), Semuanya itu dimulai dari perencanaan dalam Musrenbangdes Tahun 2016. Musrenbangdes itu sendiri dasarnya dari perencanaan hasil musyawarah Dusun.

“Masing-masing dusun mengadakan musyawarah, apa-apa saja yang mau dimasukan dalam pembangunan di wilayahnya, makanya ada pemerataan paving block dari Dusun 1 sampai Dusun 6 yang sudah disepakati bersama,” ujarnya.

Lanjut Syamsul, manfaatnya sendiri bisa kita lihat dan rasakan, jalan yang tadinya becek sekarang sudah tidak lagi.

“akses jalan sudah bagus tidak becek lagi dan rapih. Kalo dulu setiap keluar jalan tanah becek, kalo sekarang nyari jalan tanah muter keluar paving, keluar lagi aspal terus muter-muter jalan sudah gak ada tanah lagi,” terangnya.

Terkait pemasangan prasati, itu merupakan cara kita untuk terbuka, agar siapapun bisa mengetahui baik pemerintah atau masyarakat umum terkait pembangunan yang ada di desa.

“pembangunan paving block di setiap dusun, sudah pasti ada prasasti. Disitu tertera jelas berapa volumenya dan anggarannya berapa, sumber anggarannya juga jelas, jadi siapapun bisa mengetahui dengan sangat terbuka,” tandasnya.

Laporan : Beddi Rizal/Dedi

Previous Komisi Informasi Jawa barat Gelar Pemahaman UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Next Warga Puncak Makin Menjerit, Gas Melon Lenyap

About author

You might also like

Wisata Budaya 0 Comments

Pesona Alam Dan Sejarah Goa Sigrowong Di Temanggung

TEMANGGUNG, INFODESAKU – Asrinya suasana pegunungan begitu terasa hingga sanggup untuk menyejukkan hati, siapapun yang singgah di lokasi tersebut dipastikan akan selalu terpesona dan dibuat manja dengan panorama dan kesejukannya.

Pertanian 0 Comments

Tingkatkan Hasil Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Berikan Bantuan Benih Wortel kepada Kelompok Tani Hijau Daun

SUKABUMI, INFODESAKU – Demi meningkatkan hasil pertanian pemerintah Kabupaten Sukabumi khususnya Dinas Pertanian memberikan bantuan Benih Wortel serta Pupuk Organik yang akan di budidayakan oleh Kelompok tani Hijau Daun yang

Hot News 0 Comments

Bela PKL, DPW APKLI Jawa Barat Bentuk Tim Advokasi

BOGOR, INFODESAKU – Terkait penertiban PKL yang akan dilakukan secara besar-besaran oleh Pemkab Bogor melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tertanggal 5 September 2017 dari mulai Ciawi hingga Cisarua

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply