Ribuan Masyarakat Hadiri Haul Si Mbah Kyai Usman Di Dukuh Kopen, Desa Ngumbul

Ribuan Masyarakat Hadiri Haul Si Mbah Kyai Usman Di Dukuh Kopen, Desa Ngumbul

BLORA, INFODESAKU – Setiap tanggal 2 Muharam (red-Suro) di Dukuh Kopen, Desa Ngumbul, Todanan, Blora, ribuan peziarah yang berasal dari berbgai daerah berdatangan, guna mempringati Haul Si Mbah Kyai Usman yang ke-49. Beliau merupakan ulama pertama penyebar agama Islam yang ada di Dukuh Kopen dan sekitarnya.

Dalam Haul tersebut, dihadiri oleh para Tokoh Agama mulai dari Ketua NU Todanan M. Syaimuri, Kasi Trantib Kecamatan Todanan Edi Limandoko, Pemerintah Desa Ngumbul, dan para masyarakat dari berbagai daerah, mulai dari Karangasem, Wirosari hingga Ngawen Ombo, Kunduran.

Peringatan yang diprakarsai oleh warga tersebut, dimulai sejak hari Kamis (21/09) hingga hari Jum’at (22/09). Berbagai kegitan pun dilaksanakan untuk memeriahkan pringatan Haul Si Mbah Kyai Usman yang ke-49 tersebut. Mulai dari Tahtiman Bil Qhoib, Lelang Kelambu, Tahlil dan puncak acaranya yaitu Pengajian dengan pencermah KH. Romli dari Kabupaten Rembang.

Yang pada ceramhnya mengandung makna, agar semua para peziarah medapatkan Karomah apa yang telah dimiliki oleh Si Mbah Kyai Usman. Dan ada persoalan yang lebih penting lagi yaitu,  jangan sampai umat muslim semua menghilangkan jasa-jasa para ulama dan kyai. Karena berkat jasa-jasa mereka kita semua bisa seperti saat ini.

Ngadiyanto selaku murid dari Si Mbah Kyai Usman, menjelaskan mengenai sosok Si Mbah Kyai Usman tersebut, yang ternyata bukan asli warga Dukuh Kopen. “Beliau berasal dari Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari, Grobogan. Jadi dulunya beliau ini merupakan seorang musafir, yang kemudian menikah dengan orang sini (Kopen). Maka dari itu, beliau langsung menetap disini,” jelasnya.

“Untuk kelebihan yang dimiliki beliau, ketika berjalan seperti kilat, misalnya kalau mau pergi ke masjid Sunan Muria, dalam waktu sekejap saja sudah samapi disana. Dan apabila menanam Cabe, sore di tanam dan paginya Cabenya sudah berbuah, bahkan disebagain rantinganya sudah ada yang merah,” bebernya.

Dikatanya, bahwa ia merupakan saksi hidup yang sampai saat ini masih ada, karena dirinya merupakan murid termuda Si Mbah Kyai Usman,” Dulu saya ini, murid paling kecil maka dari itu, saya melihat sendiri kelebihan yang dimiliki oleh beliau semasa masih hidup,” kata pria yang kerap disapa Pak Ngaden itu.

“Untuk ciri fisik, beliau orangnya tinggi lencir dan agak bungkuk, itu waktu beliau sudah tua. Kalau masa mudanya saya gak tau,” imbuhnya, saat diwawancarai Infodesaku.

Sedangkan kegiatan yang diajarkan semasa hidupnya diantaranya Beladiri dan Toreqoh. Dan beliau merupakan murid dari Si Mba Kyai Sarido dari Bonang, Lasem. Disaming itu, berdasarkan silsilah yang ada beliau juga merupakan trah dari Kraton Solo. kemungkinan beliau tinggal di Kopen sekitar tahun 45’an. Dan waktu beliau masih hidup, pernah berpesan agar suatu saat nanti menggali sumur di sampi selatan masjid, menurutnya dilokasi tersebut ada sumber mata air.

“Dan benar, sesuai pesan beliau lokasi tersebut kami gali, dan alhamdulillah ada sumber mata airnya, disamping selatan masjid Baitul Usman. Dan merupakan sumur pertama yang ada di Kopen,” katanya.

Semasa hidupnya, beliau tidak meninggalkan apa-apa, hanya para santri-santri muridnyalah yang ia tinggalkan. Maka dari itu, pembangunan awal hingga sampai saat ini, merupakan swadaya dari para santri dan masyarakar Dukuh Kopen dan sekitarnya.

“Harapan saya di Haul ini, kita semua mendapat karomah dari Si Mbah Kyai Usman, dan semoga untuk kedepanya acara Haul ini lebih ramai lagi,” tutup suami dari Sukarni itu. (RY)

Previous Menderita Sakit Sebelas Tahun, Akhirnya Abah Nasir Dibawa Ke RSUD Ciawi
Next Diduga Belum Kantongi Izin Usaha, Warga Resah dan Menolak Pembangunan Kandang Ayam 

About author

You might also like

Terbaru 0 Comments

Dua Pelaku Jambret Seorang Guru PGRI Di Ciduk Polresta Sukabumi

SUKABUMI, INFODESAKU – Polresta Sukabumi menangkap dua pelaku penjambretan yang kerap terjadi di wilayah huku Kota Sukabumi dengan cara memepet motor korban dan rata-rata mengincar korbannya wanita. Kepala kepolisan AKBP

Pembangunan 0 Comments

Bupati Blora Resmikan Aplikasi Center Point Blora

BLORA, INFODESAKU – Semakin besarnya keingintahuan masyarakat tentang pelaksanaan pemerintahan, dan perkembangan pembangunan di daerah seiring cepatnya akses informasi publik melalui internet direspon Bagian Humas Protokol Setda Blora dengan terus

Hot News 0 Comments

UPT Dinas Pendidikan Candipuro Merasa Kecolongan

LAMPUNG SELATAN, INFODEDAKU – Adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh pihak SDN 1 Cintamulya. Hal ini tanpa sepengetahuan Kepala unit pelaksana teknis (KUPT) dinas pendidikan kecamatan Candipuro kabupaten Lampung

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply