Ratusan Kades Dan BPD Kabupaten Sintang Kalimantan Barat Sambangi Desa Cibeureum Cisarua

Ratusan Kades Dan BPD Kabupaten Sintang Kalimantan Barat Sambangi Desa Cibeureum Cisarua

BOGOR, INFODESAKU – Sebanyak 157 orang Kepala Desa, Sekdes dan para anggota BPD juga Kader PKK Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kunjungan kerja dan observasi lapangan di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Kepala Desa Cibeureum Rakhmat Hamami, Sekdes, BPD, LPM dan staf desa lainnya.

Dalam kesempatan tersebut H. Rakhmat Hamami dan Sekdes Deden Andi Azhar memaparkan perihal tata kelola keuangan dan tata kelola pemerintahan desa serta BUMDes didampingi Ketua BPD dan Ketua LPM Desa Cibeureum yang sebelumnya Alkadry M Noor S.Sos, MSi selaku Ketua Pendampingan para rombongan memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang tujuan serta kedatangannya di Desa yang terkenal dengan Taman Safari Indonesia sebagai icon Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Cibeureum, H.Rakhmat Hamami mengatakan,”Kedatangan mereka ini gelombang ketiga sebanyak 157 orang meliputi Kepala Desa, Sekdes, BPD, Kader PKK. Adapun tujuannya selain sebagai silaturahmi, juga dalam rangka Observasi Lapangan (OL), kegiatan ini sangat positif manakala kita bisa saling berbagi ilmu dan menggali potensi yang ada serta bagaimana menciptakan pemerintahan yang baik. Karena secara mekanisme pemerintahan tidak akan terlepas dari regulasi, sementara regulasi itupun harus jelas kemana arahnya,” tutur Hamami dengan senyum khasnya.

Hal senada dikatakan Deden Andi Azhar, Sekdes Cibeureum yang sedari awal banyak memaparkan program-program terkait tata kelola pemerintahan, peran serta BUMDes dan tupoksi antara Kepala Desa dengan BPD.

“Kami berusaha memberikan gambaran secara umum,dimana ada batasan-batasan kewenangan yang memang tidak boleh dilakukan oleh Sekdes, dan boleh dilakukan oleh Kepala Desa. Seorang Kades dalam hal ini sebagai penentu kebijakan,kewenangan dan pemberi keputusan. Sedangkan Sekdes itu membuatkan payung-payung hukum terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan,” tuturnya.

Masih menurutnya,Ia menambahkan,”Pelaksana kegiatan di desa itu meliputi LPM, hal inilah yang menjadi sinergitas antara pemerintah desa dengan kelembagaan seperti halnya BPD, tidak ada tumpang tindih selama kegiatan pembangunan baik dari sektor pisik maupun non pisik di Desa Cibeureum ini bisa dilaksanakan dengan baik,” terangnya.

Hal tersebut di apresiasi oleh para Kades, BPD beserta pendamping dari Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Salah satunya dikatakan Paus, Ketua BPD Desa Tempuna Kapos, Kecamatan Tempuna.”Pada intinya dengan kedatangan kami ke Desa Cibeureum ini sangat terbantu baik itu secara tata kelola keuangan juga pemerintahan, BUMDes dan lain sebagainya. Terlebih lagi tadi Kades dan Sekdes nya memaparkan begitu mendetail dan memiliki responsibility yang baik, Sepulang dari sini tentunya kami akan coba terapkan ilmunya disana,” ungkapnya.

AlKadry M Noor, sebagai Pendamping dan salah satu fasilitator dari para Kades Kabupaten Sintang, ketika dijumpai infodesaku seusai acara mengatakan,”Kami membawa serta Kepala Desa dan BPD serta perangkat lainnya dengan maksud mensinergikan diantara keduanya, ini penting mengingat pemerintah mengucurkan dana itu agar tidak terjadi konflik antara Kepala Desa dengan BPD. Kami berharap nantinya apa yang bermanfaat disini bisa diterapkan di Desa nya masing-masing.” pungkas Alkadry yang juga Kasi Kelembagaan Desa ini.

Sekedar diketahui, Kabupaten Sintang terletak di wilayah timur  Provinsi Kalimantan Barat terdiri dari 14 Kecamatan, 391 Desa dan 16 Kelurahan.

Laporan : Taufik Hidayat

Previous Musrenbang Desa Cibeureum Cisarua, Pembangunan Infrastruktur Masih Menjadi Skala Prioritas di 2018
Next My Trip My Story, Polres Blora Sepeda Santai Bersama Insan Media

About author

You might also like

Terbaru 0 Comments

Walikota Sukabumi menerima para aksi masa dan mengajak galang dana.

SUKABUMI, INFODESAKU – Disela-sela penerimaan aksi ribuan masa dari aliansi ormas Islam Kota Sukabumi, selasa di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kota Sikabumi (5/09/2017). Walikota Sukabumi Muhamad Muraz, menyatakan ia

Hot News 0 Comments

Kenalkan Desa Wisata, Kelompok Seni Gelar Kegiatan di Air Terjun Nglirip

TUBAN, INFODESAKU – Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Air Terjun Nglirip masih sangat jauh dari kata memadai. Apalagi jika disandingkan dengan objek-objek wisata lain

Terbaru 0 Comments

Kades Cibiuk Kaler Bakar Semangat Karang Taruna

GARUT, INFODESAKU – Rabu, (16/08) Desa Cibiuk Kaler Kecamatan Cibiuk-Garut menggelar Musdes guna membentuk kepengurusan baru Karang Taruna priode 2017- 2020. Musdes tersebut dihadiri delegasi dari 12 RW, BPD, tokoh

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply