Pesan Moral Para Penggiat Lingkungan DAS Ciliwung

Pesan Moral Para Penggiat Lingkungan DAS Ciliwung

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka memperingati Hari Ciliwung, bertepatan pula dengan Hari Pahlawan, para kader Ecovillage DAS Ciliwung, DLH Kabupaten Bogor bersama penggiat lingkungan hidup, anggota KNPI Kecamatan Cisarua, GP Anshor, Karang Taruna, FKPPI, Kepala Desa Batulayang, Relawan BPBD dan Perguruan Pencak Silat Bina Warga serta elemen masyarakat lainnya berkumpul secara swadaya mencoba mengeksplore dengan mengangkat tema dari sisi budaya kebersamaan yakni budaya raksa Ciliwung. Sebagai titik kumpul yakni lapangan Futsal Smesco, Kampung Cipari RT 04/04 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua. (11/11)

Menurut Deni Hidayat, selaku Fasilitator Lingkungan DAS Ciliwung saat di jumpai Infodesaku seusai acara mengatakan,”Dasar pemikiran sederhananya adalah kita ingin mencoba mengeksplore atau mengangkat dari sisi budaya. Dalam artian budaya harus menjadi media sosialisasi baik itu dari pelestarian lingkungan, pelestarian DAS Ciliwung dengan tidak membuang sampah ke sungai, ini bagian dari sosialisasi kita dalam menjaga kearifan lokal. Kemudian tadi juga kita mencoba penanaman pohon, disadari atau tidak kita ingin mensosialisasikan bahwa pohon sangat berarti untuk kita,” papar Deni.

Deni menambahkan, lanjut Ia,”Aksi yang kita galang bersama-sama ini lebih kepada melatih hati, membangun kesadaran yang semuanya berangkat dari hati, mendekatkan kembali dengan alam, mengangkat kembali kearifan lokal yang merupakan media efektif dan baik guna menyadarkan masyarakat pada umumnya,” terang Deni.

“Berbuat sesuatu walaupun itu dari hal yang terkecil dan satu sampah saja kita ambil dari sungai Ciliwung itu, maka abadilah jasamu mendekatkan kembali dengan alam. Ini merupakan gerakan panggilan jiwa dan gerakan swadaya yang tidak ada unsur paksaan di dalamnya,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Zaenal, salah satu kader Ecovillage Lestari, Kelurahan Cisarua yang juga aktif di KNPI,”Saya mengapresiasi kepada rekan-rekan para penggiat lingkungan dengan kegiatan tadi, mudah-mudahan ini tidak berhenti disitu saja tetapi berkesinambungan. Selain sebagai faktor penunjang dan penyemangat juga sebagai sarana edukasi bagi pelajar usia dini. Menumbuhkan kesadaran itu sejak dini dengan mencintai dan rasa memiliki terhadap lingkungan, insya Allah kita akan galakkan juga ditingkat RT/RW seperti Bank Sampah dan TPST,” ujarnya.

Keduanya berharap dalam kegiatan tersebut, paling tidak pesan moral terkait lingkungan ini bisa sampai kemasyarakat bahwa hal yang sederhana, 1. Jangan buang sampah kesungai, buang sampah pada tempatnya yang sudah ada pengelolaan diwilayah masing-masing 2. Mulailah menanam, kita selalu menggelorakan satu batang yang kau tanam itu akan memberikan kehidupan bagi banyak orang.

“Disadari atau tidak perubahan iklim di Kabupaten Bogor, itu sudah banyak perubahan, Puncak saja sekarang sudah mengenal panas kita punya mimpi puncak itu ingin seperti dulu dingin, sejuk dan lain sebagainya. Salah lah satu kuncinya ya pohon itu tadi dan munculnya kesadaran dari hati,” pungkas Deni.

(Taufik)

Previous ITE dan GLS Beri Warna Baru SMPN 3 Limbangan
Next Peringati Hari Ulang Tahun PGRI ke 72 Kecamatan Klapanunggal Gelar Turnamen Bola Voli.

About author

You might also like

Hot News 0 Comments

Tingkatkan Mutu Pendidikan, MI Dan Ra Roudlotul Ulum Bentuk Komite

BLORA, INFODESAKU – Tingkatkan Mutu Pendidikan, MI dan RA Roudlotul Ulum, Dukuh Manggir, Desa Ngumbul, Todanan, Blora. Melaksankan musyawarah pembentukan komite sekolah di Gedung Sekolah MI. Selasa, (25/07). Dalam pembentukan

Terbaru 0 Comments

Sekolah Terpencil, Mampu Buktikan Prestasi

MAJA, INFODESAKU – Sekolah SMA Negeri 1 Maja Kabupaten Lebak Provinsi Banten melaksanakan Lomba Lain Asal Baris (LAB) yang ke ll, untuk kategori pelajar yang ikut dalam perlombaan ini dari

Hot News 0 Comments

KKG PAI Sekolah Dasar Negeri Gelar Pembinaan Penyusuanan RPP dan Metode Tarsana

BOGOR, EKSKUL NEWS – Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru PAI, KKG PAI Sekolah Dasar Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor menggelar pembinaan penyusunan Rencana Program Pembelajaran (RPP) dan Pemberian CD Metode Tartil, Syari’

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply