Peran Mahasiswa Budhis Indonesia Aktualisasi Pancasila

Peran Mahasiswa Budhis Indonesia Aktualisasi Pancasila

BOGOR, EKSKUL NEWS – Kegiatan Camp Mahasiswa Budhis se- Indonesia yang telah usai di gelar beberapa hari lalu itu merupakan kegiatan pertama kali yang diadakan oleh sebanyak 170 orang mahasiswa Budha dari 45 cabang se Indonesia dengan konsep camp ground di Lembah Pertiwi, Kampung Agricon, Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua.

Seminar 5 hari yang berakhir pada Minggu, (12/11) itu dilakukan guna untuk meningkatkan wawasan tentang kebangsaan dan NKRI, dengan bertemakan senantiasa berpegang teguh pada falsafah dan jiwa Pancasila.

Mahasiswa Budha Indonesia ingin berperan aktif dalam mengaktualisasikan ke lima sila yang ada dalam Pancasila. Hal itu di katakan Anes Dwiprasetiya Sekretaris Jendral ( Sekjen ) Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia ( Hikmah Budhi).

Anes Dwiprasetiya mengatakan,”Selama manusia itu bertuhan, maka harus bisa  memanusiakan manusia, setelah saling memanusiakan sesama manusia akan timbul persatuan setelah terbentuk nya persatuan maka sesuatu akan bisa di musyawarahkan setelah semua bisa di musyawarahkan maka akan timbul keadilan sosial,” tuturnya.

“Karena persatuan menjadi tanggung jawab bersama maka kami mahasiswa Budha Indonesia ingin menunjukan bahwa di tengah keberagaman Bangsa ini masih ada saling toleransi, maka dari itu kamipun melibatkan para pelajar di Cisarua ini untuk mengikuti seminar ini. Untuk kegiatan kita masih nginduk ke Jakarta, camp mahasiswa Budhis se-Indonesia ini merupakan acara yang baru pertama kali digelar di Indonesia. Peran mahasiswa Budhis terhadap Pancasila itu kita tegaskan sudah final,” ungkapnya.

Anes dwiprasetiya berharap, dalam seminar ini khususnya para kader yang ada di Hikmah Budhi, bisa dapatkan banyak wawasan tentang kebangsaan, dan tentunya akan bisa menambah kecintaan terhadap tanah air semakin melekat dari apa yang telah di samapai kan oleh para pemateri di seminar ini,” pungkasnya.

(Iwan/Taufik)

Previous Berikan Kemudahan Bagi Wisatawan Dishub Alokasikan Rambu Menuju Lokasi Destinasi
Next KKMI Caringin Gelar Workshop Dokumen Satu, Dua dan Tiga

About author

You might also like

Hot News 0 Comments

Sekolah Dan Masyarakat Bersatu Membangun Mushola

BLORA, INFODESAKU – Tidak sedikit pembangunan mushola disekolah. Saat ini hampir setiap sekolah memiliki mushola. Hal ini selain dipergunakan untuk beribadah sholat juga digunakan tempat mendidik anak sekolah tentang keagamaan.

Hot News 0 Comments

Ponpes Ibnu Mas’ud Tamansari Bogor Tak Akui NKRI

BOGOR, INFODESAKU – Lagi, Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, terus di guncang berbagai konflik, sebelumnya pempinan kecamatan adu fisik dengan sekertarisnya pada saat rapat evaluasi kinerja tingkat kecamatan, kali ini pembakaran

Hot News 0 Comments

LTT Untuk Kesejahteraan Petani

Kegiataan Percepat Luas Tambah Tanam ( LTT ) Padi bersama Kelompok Tani ( Poktan ), UPT. PTPH dan Koramil 2119 Diwilayah Kecamatan Parungpanjang dan Tenjo. Dalam kesempatan ini dihadiri oleh

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply