Pencak Silat Bina Warga Cisarua Turut Lestarikan Budaya Kearifan Lokal

Pencak Silat Bina Warga Cisarua Turut Lestarikan Budaya Kearifan Lokal

BOGOR, INFODESAKU – Pencak Silat adalah salah satu warisan budaya leluhur bangsa Indonesia dan lebih terkenal khususnya di tataran suku sunda, pun sebagai budaya seni sudah yang sudah menasional bahkan Go Internasional. Dan ketika bicara Pencak Silat pandangan kita tidak akan jauh dari Perguruan Silat Cimande yang sudah melegenda dan terkenal di Mancanegara.

Banyak perguruan pencak silat yang jurus-jurusnya atau memakai bahasa perguruan dengan sebutan (Kelid-bahasa sunda) dan berkiblat kepada perguruan Ikatan Pencak Silat Cimande, seperti yang terlihat di Lapangan Futsal Smesco, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, sebuah Perguruan Pencak Silat (PPS) Bina Warga Cisarua yang di dominasi dari anak-anak hingga remaja sedang melakukan latihan di dampingi oleh guru dan pelatihnya.

PPS Bina Warga yang beralamat di Jln Raya Puncak KM 83, Kampung Cibeureum Arayak RW 01 Kelurahan Cisarua ini merupakan perguruan pencak silat yang jurus-jurusnya banyak mengadopsi dari Cimande, seperti dikatakan oleh Nana Supriatna selaku Pembina PPS Bina Warga ketika dijumpai di sela-sela sesi latihan,”Pada intinya kami membentuk PPS Bina Warga ini untuk mengangkat budaya kita, sebagai budaya leluhur bangsa Indonesia pun juga sebagai budaya seni sunda dan turut menjaga serta melestarikan budaya kearifan lokal,” tuturnya dengan penuh ramah.

Masih menurut Nana, Ia menambahkan,”Meskipun PPS ini tergolong baru untuk wilayah Cisarua, baru sekitar 6 bulan berdiri. Dan saya membentuk Bina Warga ini mencoba berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tokoh dan kasepuhan Cimande, karena perguruan ini masih berkiblat kesana dan Alhamdulillah kita dapat restu hingga bisa berjalan selama enam bulan ini,” terangnya.

Ketika disinggung masih relevankah budaya pencak silat dengan kondisi generasi penerus sekarang ini yang kurang memperhatikan akan kelangsungan budaya sunda khususnya pencak silat. Nana Supriatna menjawab,”Ini sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai pewaris leluhur yang harus bisa melestarikan dan menjaga bahkan mungkin kita kembangkan serta disalurkan kepada generasi penerus agar supaya tidak salah gaul,” ungkapnya.

Bina Warga dalam hal ini berupaya membina warga yang ada di Kecamatan Cisarua, sistem keanggotaannya lebih terbuka yang penting mempunyai niat dan siapapun berusaha saat ini di ikuti oleh usia 7 hingga 30 tahun berasal dari wilayah Kopo, Tugu, Cibeureum, Batulayang.

“Siapapun kita tampung bagi mereka yang punya keinginan dan niat untuk melestarikan kearifan lokal ini selain untuk kesehatan juga dengan semangat berolahraga bela diri pencak silat ini, siswa-siswi dari mulai SD,SMP, SMP hingga Mahasiswa yang cukup antusias dalam mengikuti latihan dan ini membuat kami bangga. Harapan saya semoga kelak generasi penerus Bangsa ini akan terus ikut serta menjaga warisan budaya ini hingga ke anak cucu,” harap Nana.

Sekedar diketahui PPS Bina Warga dalam perjalanannya pernah mendapatkan undangan mengikuti ajang festival di Botani Square bogor, di Jasinga beberapa waktu lalu,”Dan insya Allah ditanggal 28 November nanti mendapat undangan lagi di Botani, dalam rangka mencari bibit dari anak anak yang kami bina ini paling tidak tampil eksis saja dulu,” pungkasnya menutup pembicaraan.

(Taufik/Iwan)

Previous Kapolsek Cibadak Kabupaten Lebak Gelar Operasi Penyakit Masyarakat
Next SMPN 3 Rangkasbitung Sabet Juara Umum PMR

About author

You might also like

Peristiwa 0 Comments

Habib, Tokoh Masyarakat dan Ormas Apresiasi Forum Puncak Ngahiji

BOGOR, INFODESAKU – Kegiatan Kirab Ketupat Rebo Weukasan yang di gagas oleh Forum Puncak Ngahiji dan secara kebetulan baru pertama kali dilakukan di wilayah kawasan Puncak ini dengan melibatkan berbagai

Hot News 0 Comments

Lia Sungkem Orang Tua Sebelum Berangkat Ujian

CEPU, INFODESAKU – Ujian sekolah yang telah memasuki hari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan ujian, menguak berbagai usaha para siswa untuk mendapatkan nilai yang baik dan mendapatkan ketenangan hati di

Terbaru 0 Comments

Tingkatkan Prestasi, Cimahi Bangga jadi Tuan Rumah Porda Perbasi.

CIMAHI, INFODESAKU – Menjadi tuan rumah kegiatan olah raga setingkat PORDA (Pekan Olah Raga Daerah) merupakan suatu kehormatan dan Kebanggaan yabg luar biasabagi setiap daerah. Kota Cimahi merupakan kota yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply