Pemdes Tenjolaya Turunkan Tim Pencari Fakta Untuk Menggali Sejarah Desa

Pemdes Tenjolaya Turunkan Tim Pencari Fakta Untuk Menggali Sejarah Desa

SUKABUMI, INFODESAKU – Desa Tenjolaya turunkan tim pencari fakta untuk menggali asal usul sejarah desa yang awalnya desa tersebut berdiri berdasarkan pemekaran dari desa Cisaat. Sabtu (21/10/2017).

“Ini dalam rangka konsolidasi tim pencari fakta asal usul Desa tenjolaya yaitu tim ini di bentuk untuk menelusuri tentang sejarah berdirinya desa ini,” ungkap ketua Tim Pencari Fakta Endang Khoerur Rizal kepada Infodesaku beberapa waktu lalu.

Lanjut dia, kita juga ingin mengetahui siapa inisiator saat itu yang mempunyai gagasan kenapa Desa Cisaat itu Harus di pekarkan serta ingin mengetahui latar belang pemekaran Desa Cisaat kenapa menjadi Desa Tenjolaya.

Lebih lanjut, kita juga ingin mengetahui tanggalnya, kenapa demikian karena kami tidak menemukan dokumen atau SK yang menyebutkan pemekaran desa ini, akhirnya di bentuklah Tim Pencari Fakta yang terdiri dari 8 orang diantaranya 1 orang ketua, 3 orang Anggota, dan 4 orang investigator.

Kemudian 3 Anggota tersebut terdiri dari 1 kajian Biro Hukum, ke 2 bidang ke Humasan Sosial, kemudian satu lagi bidang Analisis.

Menurut dia, sebetulnya ini hanya pemikiran mengalir saja, kami pikir ini sejarah masa lalu dengan luas wilayah yang cukup lumayan dan sumbernya yang tersebar luas, berarti kita butuh tempat yang tinggi dan harus tajam seperti mata elang dan gambar tersebut simbol dari ketajaman sementara jejak kaki yang 3 ini menandakan jejak masalalu.

“Hari ini untuk analisa data awal dari lapangan, dan target kita 31 Desember itu sudah harus selesai. Dan mendapatkan laporan hasil yang akan di uji sama BPD dan kami harus bisa mempertanggung jawabkan laporan tersebut,” tuturnya.

Dan ini butuh dorongan dari semua pihak karena yang kami butuhkan untuk data awal itu studi pustaka, tentu ada yang harus melatar belakangi kenapa arti pentingnya Sejarah, kita menggali berdasarkan pustaka yang ada, yang kedua studi dokumentasi peristiwa itu dengan mendatangi para tokoh.

Bahkan kata dia, saya sendiri sudah bertemu dengan tokoh tersebut Namanya Pak Ismail Kepala Desa pertama, tetapi beliau juga tidak mengetahui tanggal, bulan, serta tahun berdirinya desa ini, namun menurut informasi awal bahwa pak ismail ini adalah petugas dari kecamatan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa desa ini adalah pemekaran.

“Asalnya nama Desa Tenjolaya itu ada dua faktor pertama menyerahnya pasukan DITII di Desa Tenjolaya, kemudian yang kedua bahwa karena pada saat itu Kepala Desa Cisaatnya orang Sadamukti sehingga keinginan masyarakat yang menginginkan pemekaran itu di blok selatan, sehingga pemekarannya menghasilkan nama Desa Tenjolaya karena orang – orang yang terlibat pada saat itu orang Tenjolaya.

Sementara itu Kades Tenjolaya yang saat ini menjabat Aryo bangun Adinoto menambahkan, Awalnya memang saya terkesan, dari legalitas sebeuah Desa, karena Desa itu organisasi tertua yang ada di Indonesia.

Menurutnya, suatu dasar hukum organisasi tersebut harus mempunyai legalitas yang jelas, hari jadinya kapan, berita Acaranya dimana, tanggal berapa, sedangkan sampai saat ini selama saya menjabat tidak ada satupun dasar hukum yang jelas.

Lanjut dia, dengan adanya tanggal hari jadi desa ini, kita bisa membikin agenda tahunan desa yaitu peringatan hari jadi Desa Tenjolaya ini, serta kita bisa memberikan penghargaan dan memotipassi warga.

“Salah satu contoh misalnya kita bisa ngasih penghargaan RT terbaik, RW terbaik lingkungan terbaik itu salahsatunya, dan bisa menumbuhkan rasa cinta warga terhadap desanya dan rasa memiliki, dengan adanya hari jadi Desa meraka akan merasa bangga dengan Desanya sendiri,” jelasnya.

“Agar ketika masyarakatnya sudah cinta terhadap Desa mereka akan menjaga serta memelihara apa yang sudah kita bangun, dan intinya semua pembangunan yang sudah dilaksanakan pemerintah itu tidak sia – sia.

Sementara sekretaris BPD, Umuh Mulyadi (51) menuturkan bahwa, pada prinsipnya dengan di bentuknya tim pencari fakta ini merupakan hal yang sangat penting sekali apalagi masyrakat Tenjolaya ingin mengetahui kapan sejarah awalnya Desa ini berasal dari pemekaran Desa Cisaat.

“harapan saya beserta masyarakat khususnya Desa Tenjolaya ini semakin maju lagi dan bisa lebih tergali lagi potensi-potensinya, agar Desa Tenjolaya ini bisa menjadi Ikon bagi Desa-Desa lain yang ada di Kabupaten Sukabumi,” tutupnya mengakhiri.

(BA/ Fa,is/ RYAN)

Previous Tabligh Akbar 1 Muharram 1439 Hijriah dan Santunan 216 Yatim Piatu
Next Pilkades Serentak, Jaro Gantar Kahoyong Masyarakat.

About author

You might also like

Ingat!!! Kasus Bumdes Trimitra Abadi Garut Masih Ngambang

GARUT, INFODESAKU – Pemerintah melalui KEMENDES & PDTT terus mengupayakan kemandirian Desa dalam pengelolaan tatanan kepemerintahan nya dalam pengelolaan keuangan dan pendapatan Desa. Langkah seperti itu semakin nyata dengan begitu

Terbaru 0 Comments

Menghidari Korban Anggota Polsek Banting Setir

SUKABUMI, INFODESAKU – Akibat menghindari korban warga sipil, mobil dinas polisi dan angkutan umum di Jalan Raya Warungkiara Kp. Sukaharja RT.03/08 Desa Sukaharja, Kecamatan Sukaharja Kabupaten Sukabumi mengalami kecelakaan cukup serius.

Hukum dan Kriminal 0 Comments

Kejati Jabar bersiaturahmi dan berbagi Ilmu di pesantren

KOTA SUKABUMI, INFODESAKU – Pondok Pesantren Al Islamiyyah Jalan Raya Baros, Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros Kota Sukabumi, dikunjungi Kejaksaan Tinggi (Kejari) Jawa Barat dalam rangka Hut Persatuan Jaksa Indonesia dan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply