Pemdes Pondokaso Landeuh Gelar Musdes 2019 Sekaligus Penyerahan Penghargaan Kepada Warga

Sukabumi, Infodesaku – Pemerintah Desa (Pemdes) Pondokaso Landeuh gelar Musawarah Rencana Pembangunan Desa (Musren Bangdes) tahun 2019 sekaligus penyerahan piagam penghargaan kepada warga yang mendapatkan kategori juara Satu, Juara Dua dan Juara Tiga pada lomba Karnaval serta lomba menghias Gapura saat 17 Agustus bulan Lalu.

Setelah dilakukan penilaian secara teliti dibeberapa RW, akhirnya pihak desa memutuskan siapa saja yang berhak menjadi juara Karnaval serta Juara lomba menghias Gapura.

Kegiatan tersebut tepatnya digelar di Aula Kantor Desa Pondokaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (05/10).

“Musdes ini masuk perencanaan 2019 namun untuk skala prioritasnya kami masukan dianggran 2018,” ungkap Kepala Desa Pondokaso Landeuh Ujang Sopandi kepada Infodesaku di sela acara. Kamis (05/10).

Lanjut kades, kegiatan Musdes ini sekaligus pemberian Piagam Penghargaan kepada warga yang menjadi pemenang lomba Karnaval dan lomba menghias Gapura saat 17 Agustus.

Menurutnya, ada beberapa titik yang menjadi skala prioritas hasil Musdes tersebut yang pertama pembangunan infrastruktur kemudian yang kedua dibidang pendidikan, serta kesehatan.

“Sesuai hasil kesepakatan masyarakat pemerintah Desa Landeuh di 2018 nanti akan membangun dua Sekolah Pendidikan Usia Dini ( PAUD) yang terletak di dua RT yaitu RT. 18 B dan RT. 16 yang mana sekolah tersebut sangat dibutuhkan oleh warga,” tuturnya.

Namun kata kades, dari usulan semua warga tidak ada satupun yang mengusulkan bidang usahanya, seperti UKM misalnya, padahal usulan usaha tersebut sangatlah penting untuk menggali potensi masyarakat.

Bahkan kata dia, di tahun 2016 dan 2017 pemerintah desa sudah memberikan bantuan kepada warga yang mebuka kelompok usaha, diantaranya, kelompok Albarokah dan kelompok ciutara, yang bergerak di bidang ternak Ikan Lele.

Oleh sebab itu kata kades, kami berharap di 2018 ada yang mengusulkan kelompok usaha bersama (KUBe), dan hal ini kami rasa dapat menekan angka pengangguran yang ada di desa ini, apalagi berdasarkan rilis dari kecamatan pengangguran di desa landeuh ini masi cukup tinggi.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama bagaimana kita memberikan trobosan- trobosan yang dapat mengurangi angka tersebut, yaitu dengan cara mengusulkan membangun kelompok usaha di masing – masing lingkungan, sehingga pengangguran tersebut dapat tebantu baik oleh karang taruna maupun bumdes,” harapnya.

Senada di ungkapkan Sekmat Parungkuda Abdul Naavi, dirinya sangat mengapresiasi dua kegiatan tersebut, pertama musrembang desa, kedua pemberian piagam perhargaan kepada warga.

“Kami sangat mengapresiasi dua kegiatan ini, kegiatan musrebang ini merupakan yang pertama di parungkuda sebelum desa lain, yang kedua pemberian perhargaan kepada warga ini sangat positip, mudah – mudahan kedepannya dapat dicontoh oleh desa lain untuk mendorong semangat memeriahkan kegiatan – kegiatan yang bersipat nasional,” pungkasnya.

Sementara salah satu warga yang menjadi juara 1 lomba menghias Gapura Deni (37) warga Rw 9 menambahkan. “Kami jadi juara satu dalam rangka menghias gapura di acara 17 agustus bulan lalu, namun untuk penilaian serta pembagian hadiah baru dilaksanakan hari ini,” katanya.

Dengan demikian dirinya berharap, kedepannya kegiatan seperti ini dapat lebih dikembangkan lagi, untuk mengasah kreatipitas warga serta menggali potensi di bidang seni kreatif.(Fa,is)

Previous Dua Nyawa Melayang, Akibat Kurang Hati-hati Saat Berkendara
Next Bupati Sukabumi buka Festifal Senam Maumere.

About author

You might also like

Hot News 0 Comments

Luncurkan Buku, Sekjur PGSD UNNES Dorong Guru Berjiwa Digital

JAKARTA, INFODESAKU – Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom, Ph.D dosen sekaligus Sekretaris Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Semarang (UNNES) merillis buku bertajuk “Guru SD di Era Digital (Pendekatan,

Hot News 0 Comments

Kepsek Madrasah Ibtidaiyah Cokro Aminoto Bertekad Memajukan MI

GARUT, INFODESAKU – Madrasah Ibtidaiyah merupakan jenjang pendiddikan setingkat SD yang masih dipandang tradisional oleh sebagian masyarakat, untuk merubah paradigma tersebut kepala sekolah MI Cokro Aminoto, Endang Kurnia S.Pdi berkomitmen

Pemerintahan 0 Comments

Karfat : Apresiasi Peran Serta Pemuda LIRA Dalam Merangkai Budaya Yang Terserak

BOGOR, INFODESAKU – Sejatinya baik itu pemuda dan pemudi adalah harapan dari sebuah bangsa yang ada dimanapun tak terkecuali Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena peran serta pemuda selama ini

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply