HNSI Jabar Tingkatkan Kesejahteraan dan Segera Wujudkan Pasar Ikan Higienis 

HNSI Jabar Tingkatkan Kesejahteraan dan Segera Wujudkan Pasar Ikan Higienis 

BANDUNG, INFODESAKU – Sejak kepindahan alamat sekertariat DPD HNSI Jabar di Kota Bandung pada Agustus 2017 dari Dago Pakar ke Jln. Gatot Subroto No. 197 A, Ketua HNSI Jawa Barat. Nandang H Permana kembali angkat bicara dengam rencana program peningkatan terhadap kesejahteraan nelayan.

“Beberapa sudah dan sedang menuju aplikasi di lapangan,” terang Nandang saat ditemui di kantor sekretariat baru HNSI Jabar, Minggu (1/10). Mengurai program kerja HNSI Jabar ke depan, menyangkut peningkatan kesejahteraan 160 ribuan nelayan. Nandang selain telah berkonsolidasi di 16 (kota/kabupaten) yang memiliki budidaya ikan, serta 11 (kota/kabupaten) yang berbasis nelayan tangkap di daerah pesisir pantai.

”Paling dekat pada awal 2018 ini, semoga terwujud fish market hygienic (pasar ikan higienis) tepatnya di Kabupaten Bandung,” tandas Nandang. Sejak Agustus 2017 lalu telah disepakati untuk lokasi pasar ikan higienis ini di daerah Cingcin dekat Tol Soroja.

Bupati Bandung, Dadang M Naser, telah merespon positif. Dari pihak kementerian KKP juga menyetujuinya, termasuk aliran dananya. Nandang menunjukkan sejumlah berkas persetujuan awal proyek ini.

“Lahannya, tersedia sedikitnya 1,5 hektar. Kemungkinan bisa lebih. Bupati Bandung sangat antusias menjadikan warga di sekitar Tol Soroja ini, tak menjadi penonton pesatnya pembangunan. Prinsip itu, kami sepakati,” kata Nandang.

Perihal pasar ikan higienis itu, Nandang didampingi Sekertaris HNSI Jabar Chevy Epi dan Sutisna dari bagian IT, memaparkan standarnya. Prototypenya seperti pasar ikan higienis Tsukuji di Tokyo (sejak 1935).

“Paling tidak nanti, kawasan ini menjadi pasar ikan yang berdimensi lain,” harapnya. Sisi lainnya, ada fungsi edukasi, entertainment, menjadi daerah tujuan wisata tingkat nasional di pasar itu. Pasar ini akan menggema hingga tingkat Asia Tenggara, atau dunia.

Alasan serius mewujudkan pasar ikan higienis di Kabupaten Bandung, Nandang berlasan awalnya melihat Indonesia yang diklaim sebagai negara maritim, apalagi ingin menjadi poros maritim dunia. Infrastruktur semakin baik, masyarakat kelas menengah tumbuh cukup pesat. Pasarnya, cukup menjanjikan. Hanya soal disiplin dan kemauan yang harus digenjot.

“Nawa Cita Pak Jokowi dan JK itu berpaling ke laut. Tol laut sedang digarap. Nah, pasar untuk nelayan demi meningkatkan harga jualnya, serta untuk mendorong gemar makan ikan. Ikannya harus tersedia sesuai standar dunia. Saya yakin ini bisa diwujudkan,”  pungkasnya. (BA)

Previous BPD Desa Banjarwaru Himbau Semua Elemen Dukung Program Pembangunan Dalam Segala Aspek
Next Kelurahan Ciriung Peringati 10 Muharram dengan Hadiah Umroh

About author

You might also like

Potensi 0 Comments

Lowongan Pekerjaan Design

Dibutuhkan Segera untuk Posisi 1. Design Layout Syarat : berdomisili sekitaran Bogor Fasilitas : Gaji, Uang makan, lembur, uang Kesehatan, Transport minat : hubungi 081285580779 lamaran VIA email : infodesaku@gmail.com

Hot News 0 Comments

Diduga Tak Berizin Galian Tambang Emas Di Sidak

BOGOR INFODESAKU – Dengan adanya galian tambang emas di gunung subang warga masyarakat Desa sukaharja Kecamatan Sukamakmur serya warga Desa Selawangi mencari makan bahkan untuk kebutuhan hidup menambang emas di Gunung

Pembangunan 0 Comments

Pemdes Cikutamahi Renovasi Kantor Guna Maksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

BOGOR, INFODESAKU – Guna menunjang pelayanan terpadu dalam pemerintahan baik di tingkat Desa, Kabupaten, Provinsi maupun Pusat perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai, Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply