Desa Malangbong Gunakan DD Untuk Penataan Lingkungan.

Desa Malangbong Gunakan DD Untuk Penataan Lingkungan.

GARUT, INFODESAKU – Selasa, (31/10). Kepala Desa Malangbong Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut Adang Saat Menunjukkan Salah Satu Lokasi Kegiatan Pembangunan Desa Jalan Lingkungan.

Desa Malangbong Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, melakukan beberapa kegiatan desa yang mengguanakan Anggaran Dana Desa (ADD) tahap 2 tahun 2017 yang diantaranya adalah pembuatan jalan baru lingkungan desa yang telah lama dinantikan oleh warga Desa Malangbong khususnya warga Kampung Bebedahan dan kirmir di Kampung Muncang Agung sepanjang 150 meteran dengan nilai anggaran 60 juta rupiah.

Kepala Desa Malangbong Adang, menuturkan bahwa pembangunan jalan baru di desanya merupakan penataan lingkungan dan juga atas dasar keinginan masyarakat desa setempat untuk lalu lintas kepasar, kesekolah dan aktifitas lainnya. Sampai saat ini pembangunan jalan tersebut telah mencapai 50 persen. Jalan penghubung itu yang selama ini dinanti nanti oleh warga Kampung Bebedahan, oleh sebab itu masyarakat desa meminta untuk dibuatkan karena akses jalan yang sebelumnya itu bila akan kepasar atau anak anak yang akan berangkat kesekolah, mereka harus muter lebih jauh, dan usulan ini telah disampaikan dalam rapat Desa‎ tahun lalu, dalam penyusunan RKP Desa melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa waktu Kamis 15 September 2016 lalu jelasnya.

Salah seorang warga Kampung Bebedahan yang rumahnya dekat dengan pembangunan jalan dan tidak mau disebutkan namanya menuturkan, alhamdulillah keinginan warga akhirnya terlealisasi jelasnya kepada Infodesaku.

Selain itu lanjut Adang, Desa Malangbong juga membangun saluran drainase dibawah jalan tujuannya untuk mengairi sawah karena kan jalan ini di bangun diantara rumah penduduk dan sawah jelas Adang sambil menunjukan drainage yang di maksud yaitu paralon dengan diameter 6″. Total jalan yang dibangun mencapai Panjang 580 meter Tinggi 0.70 meter dan Lebar 0.30 meter dengan nilai anggaran Rp.131.517.600 .Kalau hujan air meluap ke jalan sehingga jalan menjadi licin dan berbahaya bagi pengguna jalan, Jelasnya. Adang mengaku bahwa pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pembangunan jalan dan drainage yang sampai saat ini sudah mencapai 50 persen. Yang mana menurut dirinya kegiatan yang sedang dikerjakan itu khusunya jalan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam melakukan segala aktifitasnya.

“Mudah-mudahan akan cepat selesai karena jalan ini menjadi urat nadi utama perekonomian warga di sini,” Ujarnya. Adang ‎juga menjelaskan, keseluruh pekerja yang terlibat dalam pengerjaan kedua kegiatan yang menggunakan ADD ini berasal dari warga Desanya bahkan dari LPM Desa Malangbong yaitu Undang Rosidin, Ilyas atau Nanas Nasrudin dan dari BPD Engkos Dadang dan Haji Herman ikut dalam kegiatan pembangunan jalan ini. Apa yang dilakukannya ini hanya mengacu konsep penggunaan ADD yang ingin memberdayakan warga sekitar pengguna ADD. “Semua pekerja dari warga sini sesuai dengan konsep ADD yang harus ‎memberdayakan warga sekitar,” imbuhnya.

Hadir pula saat Adang ( Kepala Desa Malangbong ) meninjau lokasi pembangunan jalan di Kampung Bebedahan tersebut, Kepala Seksi Kesejahteraan Arif Rahman juga sebagai ketua TPK, Kepala Seksi Tata Usaha Dedi Kusnadi juga sebagai anggotal TPK ( Team Pelaksana Kegiatan ) dan dari Babinsa Nandang R.

Adang berharap bila jalan ini telah selesai pengerjaannya, bisa diterima oleh masyarakat, dimanfaatkan, digunakan sebijak mungkin, untuk sarana kegiatan kehidupan dalam melakukan aktifitas perekonomian warga sehingga masyarakat Desa Malangbong lebih maju dan berkembang tuturnya.

( RIYADI )

Previous Polda Sulsel Tuding PMII Makassar Cari Sensasi, Ini Kata Ashari Bahar
Next PKP2A I LAN Gelar Pelatihan Tentang Revolusi Mental

About author

You might also like

Pemerintahan 0 Comments

Bupati Pamekasan Lantik Sekda Baru

PAMEKASAN, INFODESAKU – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Achmad Syafii, melantik Sekretaris Daerah (Sekda) yang baru, Asyhari di Pendopo Ronggosukowati, Selasa (14/3/17). Sekda yang sebelumnya dijabat oleh Alwi Beiq diganti

Terbaru 0 Comments

560 Peserta Pramuka Ikuti Jambore Sambut HUT Pramuka ke 56

BOGOR, EKSKUL NEWS – Tak kurang dari 560 peserta pramuka berasal dari 32 Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Tamansari mengikuti kegiatan Jambore yang diadakan Kwartir Ranting Tamansari dalam rangka memperingati

Terbaru 0 Comments

Berkah Ramadhan bagi Tukang Cukur

GARUT, INFODESAKU – Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah hal itu dirasakan oleh Firman dan Nden tukang cukur asal Banyuresmi yang membuka pangkas rambut tradisional di wilayah Leuwigoong sejak awal

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply