DESA CIJUJUNG SOSIALISASI SERTIFIKASI PTSL

BOGOR,INFODESAKU – Kepala Desa Cijujung Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Sukardi Azis, belum lama ini sosialisasikan sertifikasi tanah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat yang mengajukan pembuatan sertifikat tanah melalui program PTSL. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh ketua Rt dan Rw yang mewakili warga peserta PTSL. Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat Perbup nomor 48 tahun 2017 tentang pembebanan biaya persiapan pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kabupaten Bogor.

Menurut Kepala Desa Cijujung sosialisasi ini juga bertujuan menepis adanya tudingan beberapa media yang menyebutkan desa cijujung memungut biaya PTSL lebih dari ketentuan yang dikeluarkan melalui peraturan Bupati Bogor no 48 tahun 2017. Untuk itu perlu adanya sosialisasi kepada warga melalui Rt/Rw agar warga mengetahui dengan jelas berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk program ini.

” Perlunya kami dari Pemerintah Desa Cijujung mensosialisasikan peraturan Bupati Bogor tentang pembiayaan persiapan program PTSL kepada warga agar mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan dan juga untuk menepis tudingan beberapa media yang menyebutkan Desa Cijujung membebani warga dengan biaya lebih dari 150 ribu sesuai yang ditetapkan melalui Keputusan Bersama Mentri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri,Mentri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 02/ SKB/V/2017,Nomor 590-3167A Tahun 2017 dan Nomor 34 Tahun 2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Atas dasar itu saya memberitahukan kepada warga bahwa biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan tanah program PTSL sebesar 150 ribu, itupun dikelola oleh setiap ketua Rt setempat dan sampai hari ini pihak desa belum pernah menerima uang tersebut,” ujar Sukardi Azis.

Menurutnya biaya tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan program PTSL sesuai dengan peraturan Bupati Bogor.

” Biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat nantinya akan digunakan sesuai dengan ketentuan yang diatur melalui Peraturan Bupati Bogor yaitu sebesar 150 ribu dan sudah kita buatkan surat edaran kepada Rt disamping kita adakan sosialisasi,” lanjutnya.

Dede (45) salah satu ketua Rt di Desa Cijujung pada saat sosialisasi mengatakan, sangat penting bagi para ketua Rt untuk mengetahui berapa biaya yang sebenarnya dibutuhkan untuk program sertifikasi tanah ini.

” Sosialisasi ini sangat penting buat kami para ketua Rt yang langsung bersentuhan dengan warga, agar lebih jelas berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat sertifikat melalui program PTSL, jangan sampai simpang siurnya biaya menjadi masalah buat kami dan warga,” ujar Dede.

Menurut pantauan INFODESAKU yang hadir pada saat sosialisasi tersebut, langkah yang dilakukan oleh Kepala Desa Cijujung sangat tepat untuk menepis tudingan beberapa media yang menyebutkan Desa Cijujung mengenakan biaya untuk program PTSL lebih dari yang ditentukan Peraturan Bupati Bogor sebesar 150 ribu.

( AJH )

Previous Anggota Polsek Cibiuk Dekati Anak Mts di Masjid
Next Terealisasinya Huntap Di Desa Sirna Galih

About author

You might also like

Desa Taria 0 Comments

Pagu Raskin 2017 di Kabupaten Pamekasan Mengalami Penurunan

PAMEKASAN, INFODESAKU – Dari empat kabupaten yang ada di Madura Pagunya mengalami peningkatan yang signifikan kecuali di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pasalnya Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) beras sejahtera

Desa Taria 0 Comments

Rejeki di Pilkades Desa Babakan Ciseeng

BOGOR, INFODESAKU – Adanya pelaksanaan pilkades di Desa Babakan Kecamatan Ciseeng yang digelar dilapangan rawa cekek, Kp. Babakan Rt.03/05 berdampak pada meningkatnya geliat ekonomi masyarakat. Lebih dari 10 ribu pemilih

Sosial 0 Comments

PKLM Periksa Mata dan Bagikan Kacamata Geratis kepada Warga Cibiuk Kidul

GARUT, INFODESAKU –¬†peraktek kerja lapangan mahasiswa (PKLM) Akademi of Refreactio Ofticien Jakarta yang berjumlah 50 orang mahasiwa ditambah lima orang dosen pembingbing melakukan pemeriksaan mata dan membagikan kacamata yang bersetandar

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply