BPD Bukan Rival Tapi Mitra Pemerintah Desa

BPD Bukan Rival Tapi Mitra Pemerintah Desa

GARUT, INFODESAKU– BPD (Badan Permusawaratan Desa) merupakan salah satu penyelengara desa sama kedudukannya dengan Kepala desa namun dengan fungsi yang berbeda, anggota BPD merupakan wakil dari unsur kewilayahan atau, Dusun, selama ini keberadaan BPD oleh sebagian kepala desa dianggap sebagai pesaing atau rival untuk menghindari hal tersebut maka pada hari senin (13/11) BPD dan Pemerintah Desa Limbangan Tengah mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas anggota BPD bertempat di Aula Desa.

Acara tersebut disamping dihadiri oleh anggota BPD turut hadir pula Kepala Desa Limbangan Tengah dan Camat Kecamatan Balubur Limbangan Drs. Arif Rumdana dengan pemateri Hj. Eti S.Sos.

Sebelum membuka acara Camat Kecamatan Balubur Limbangan Drs. Arif Rumdana berpesan, “Semoga pelatihan peningkatan kapasitas BPD ini merupakan bukti kesolidan anggota BPD dan ajang silaturahmi dengan pemerintah desa agar hubungan BPD dan pemerintah desa semakin harmonis dalam mengelola desa untuk kemajuan dan kesjahtraan masyarakat, selain itu BPD bisa lebih memahami tupoksinya sebagai mitra desa sehingga terhindar dari anggapa BPD sebagai rival pemerintah desa,” pesanya dan dipungkas dengan membuka acara.

Dalam pemaparan materi Hj. Eti Suhartini S.Sos selaku Kasi PMD Kecamatan Limbangan menyampaikan, “sesuai undang- undang bahwa salah satu tugas dan fungsi BPD itu berkaitan dengan kesepakatan peraturan desa, perdes tersebut mutlak harus dimusyawarahkan dengan BPD, mengawasi kinerja pemdes kemudian yang berkaitan dengan keuangan dalam pengesahan Apebedes harus disepakti atas persetujuan BPD, BPD juga sebagai wadah penampung aspirasi masyarakat,” paparnya.

Setelah acara selesai Ketua BDP, Deden Somantria S SN ketika ditemui Infodesaku menjelaskan, “diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kinerja BPD dan untuk meningkatkan kesolidan anggota selain itu juga untuk mempererat hubungan BPD dengan pemerintah desa agar ada ketransparansian pemerintah desa terhadap BPD sehingga kedepannya BPD dan Pemdes lebih solid dalam membangun desa, lebih transfaran dalam menggunakan anggaran yang masuk ke Desa Limbangan Tengah,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Limbangan Tengah, Tata S menjelaskan kepada infodesaku seusai acara, “dengan pelatihan peningkatan kapasitas BPD ini kedepannya hubungan BPD dengan Pemerintah Desa lebih sinerjik dan hubungan silaturahmi lebih erat agar pembangunan desa lebih lancar, lebih baik dan lebih bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya singkat.

(BHEGIN)

Previous SPK Bodong Disdukcapil Garut, Warga : Bupati Jangan Banyak Omdo
Next Rapat Koordinasi APDESI Kabupaten Lebak, Kepala Desa Diminta Fahami UU Desa

About author

You might also like

Desa Taria 0 Comments

Warga Desa Kota Batu Ciomas Sumringah, Akses Jalan Di Perbaiki

BOGOR, INFODESAKU – Realisasi peningkatan infrastruktur lingkungan melalui pemberdayaan dan partisipasi aktif masyarakat, warga Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, melakukan perbaikan jalan lingkungan sepanjang 2700 meter dengan menggunakan

Hukum dan Kriminal 0 Comments

Polda Lampung Ekspose Sejumlah Penangkapan Pengedar Narkoba

LAMPUNG SELATAN, INFODESAKU –¬†Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno pimpin langsung ekspose terkait penangkapan berbagai jenis Narkotika dalam satu bulan terahir dalam operasi Paskah ramadaniyah yang di dampingi Kapolres Lampung Selatan

Hot News 0 Comments

Musibah SDN Kampung Tengah Dijadikan Ajang Dongkrak Elektabilitas Jelang Pilbup Bogor

BOGOR, INFODESAKU – Meluapnya sungai Cipuraseda yang menyebabkan dua ruangan Sekolah Dasar Negeri Kampung Tengah hancur tergerus derasnya arus sungai, disinyalir dimanfaatkan sejumlah elit politik untuk menambah elektabilitas jelang pemilihan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply