BPBD Kabupaten Bogor Gembleng Ratusan Relawan di Hotel Pesona Anggraini Cisarua

BPBD Kabupaten Bogor Gembleng Ratusan Relawan di Hotel Pesona Anggraini Cisarua

BOGOR, INFODESAKU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Search and Rescue Dasar dan Lanjutan bagi para relawan sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana, acara tersebut digelar di Hotel Pesona Anggraini, Kampung Balekambang Pasanggrahan RT 1 RW 01, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua selama empat hari kedepan yang baru dilaksanakan pada hari Selasa 31 Oktober hingga Jum’at 3 Nopember 2017 dan diikuti oleh 225 orang termasuk instruktur dari 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor. (31/10)

Sejatinya disebutkan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Bogor yang sebelumnya masih bergabung dengan Dinas Pemadam Kebakaran(Damkar), yang awalnya pada tahun 2004, 2010 terbentuknya Badan Penanggulangan Bencana Tingkat Nasional kemudian sejak 11 Januari tahun 2015 sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor Nomor 2 berubah fungsi menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Hal tersebut seperti dikatakan oleh Sumardi, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor dalam sambutannya didepan peserta pelatihan,”BPBD di Kabupaten Bogor terbentuk kurang lebih lima (5) tahun, jadi terbilang relatif masih baru dan di BPBD ini saya berusaha menciptakan gerakan-gerakan bagaimana pemerintah mau maju dalam artian maju bareng-bareng, BPBD dengan kekuatan 100 orang tidak akan mampu, maka dari itu saya menciptakan relawan-relawan dan pelatihan relawan yang baru pertama kali digelar ini merupakan mimpi saya,” tutur Sumardi.

Ia menambahkan,”Jadi kegiatan yang baru digelar ini SAR sebagai Dasar dan Lanjutan dalam rangka penanggulangan bencana berbasis masyarakat, tujuannya bahwa bencana bukannya wujud dari Pemerintah saja tetapi peran dari masyarakat dan pelaku usaha. Peran masyarakat diantaranya kita saling menjaring, mengajak masyarakat, kita latih untuk menjadi relawan di BPBD. Peserta hari ini yang terdaftar sebanyak 200 orang ditambah dengan TRC yang baru 25 orang dengan instruktur 18 orang, dari 40 Kecamatan yang diajukan dari tiap Desa yang ada di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Sementara di Kabupaten Bogor itu sendiri seperti di ketahui bersama banyak wilayah-wilayah yang memang rawan bencana, baik tanah longsor, angin puting beliung dan banjir meliputi wilayah Sukamakmur, Babakan Madang, Cariu, Cisarua, Caringin, Cigombong, Sukajaya, Nanggung dan Tenjo. Dan yang paling rawan saat ini wilayah Puncak Cisarua, Caringin dan Cigombong.

“Kita sudah memberikan beberapa kali surat edaran yang isinya himbauan kepada aparat Kecamatan dan Desa di masing-masing wilayah untuk masyarakat agar senantiasa mengantisipasi terkait bahaya longsor, angin puting beliung dan banjir tersebut. Untuk pelatihan ini kita melakukan beberapa item seperti Water Rescue, Logistik, Posko,Komando dan Kesehatan. Asumsi kita Pemerintah akan mendukung juga dari 417 Desa kita akan rekrut masing-masing desa itu 2 orang menjadi 822 orang.

Kita berharap penanggulangan bencana khususnya di Kabupaten Bogor yang dalam hal ini menjadi urutan kelima di Indonesia bisa tereliminasi, bisa ditanggulangi secara bersama-sama antara BPBD selaku pemerintah dan relawan selaku masyarakatnya ikut bekerjasama untuk menanggulangi dan mengantisipasi bencana secara bersama-sama.” pungkasnya.

Sekedar diketahui, persyaratan calon relawan yang tergabung dalam BPBD, antara lain meliputi :
1. Warga Negara Indonesia usia 18 keatas.
2. Sehat jasmani dan rohani, Memiliki jiwa kerelawanan, Semangat pengabdian dan dedikasi yang tinggi.
3. Mampu bekerja secara mandiri dan dapat bekerjasama dengan pihak lain.
4. Memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan yg bermanfaat dalam penanggulangan bencana.
5. Tidak sedang terlibat dalam perkara hukum pidana dan tindak subversi.
6. Telah diakui dan dikukuhkan sebagai relawan.
7. Persyaratan lain ditentukan oleh masing masing organisasi.

(Taufik Hidayat)

Previous Suasana Haru Selimuti Pelepasan Camat Dramaga
Next Lepas Jadi Camat, Baihaki Maju di Dewan

About author

You might also like

Hot News 0 Comments

Pemkab Sukabumi Gelar Haorna

SUKABUMI, INFODESAKU – Dalam rangka peringatan HAORNAS Bupati Beri penghargaan Atlit berprestasi tingkat Dunia dan Nasional Bertempat di Stadion Korpri Cisaat, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Peringatan Hari Olahraga Nasional ke

Terbaru 0 Comments

Kandidat Calon Ketua Wanita Pertama, DPP GEMPITA-SELAYAR

SULSEL, INFODESAKU – Setelah sekian lama menggantung dalam ketidak jelasan dan ketidak pastian, organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Mahasiswa Pelajar Indonesia Tanadoang (GEMPITA-SELAYAR), akhirnya menemukan figur calon pemimpin masa

Potensi 0 Comments

Bamboo Kecamatan Selaawi Memikat Pakar Bambu Dunia

GARUT. INFODESAKU – Kecamatan Selaawi, Kamis 2 februari 2017 kelompok/komunitas pecinta bambu, masyarakat pengrajin bambu yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Pengrajin Bamboo dan para kepala desa se – kecamatan Selaawi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply