BPBD Kabupaten Bogor Akhiri Bimtek SAR dan Penanggulangan Bencana Tanah Longsor

BPBD Kabupaten Bogor Akhiri Bimtek SAR dan Penanggulangan Bencana Tanah Longsor

BOGOR, INFODESAKU – Bimbingan Teknis (Bimtek) BPBD Kabupaten Bogor yang dibagi dalam dua gelombang, gelombang pertama dari tanggal 6 – 9 November yaitu Pertolongan Darurat dan Evakuasi, sementara gelombang kedua dari tanggal 10 – 11 November yaitu Penanggulangan Bencana Tanah Longsor usai sudah dilaksanakan dan di tutup bertempat di Hotel Pesona Anggraini, Kampung Balekambang RT 1 RW 01, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kegiatan tersebut di tutup pada Sabtu siang, dengan harapan para relawan kemanusiaan ini mampu mengimplementasikan ilmu-ilmu yang di dapat selama kegiatan Bimtek berlangsung untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya dan bisa bermanfaat selain untuk dirinya juga masyarakat pada umumnya di wilayah masing-masing.

Budi Aksomo, Kasi Kesiapsiagaan BPBD mengatakan sesaat setelah penutupan,”Alhamdulillah kegiatan yang sudah selesai ini berlangsung lima hari berjalan dengan aman,tertib dan lancar, dibagi dalam dua(2) gelombang. Pertama di mulai dari tanggal 6 – 9 November berupa kegiatan SAR yaitu Pertolongan Darurat dan Evakuasi diikuti 50 orang dengan nara sumber dari Basarnas. Dan untuk gelombang kedua dari tanggal 10 – 11 ini adalah Bimtek Penanggulangan Bencana longsor juga diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai desa yang memang kondisinya rawan bencana,” terang Budi.

Budi berharap dengan pelatihan ini teman-teman relawan atau Satgas penanggulangan bencana ini,”Seyogyanya teman-teman relawan atau agen-agen BPBD ini dapat mengamalkan ilmunya ketika terjadi bencana atau musibah lain di daerahnya masing-masing, dan apabila mereka di butuhkan mereka sudah siap diterjunkan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Ia mewakili BPBD mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman relawan sebagai agen-agen BPBD yang telah mengikuti pelatihan  untuk saat ini dan kedepannya nanti,”Tentunya kalianlah yang akan lebih dulu menanggulanginya jika terjadi bencana di wilayah masing-masing, sehingga ketika kami dari BPBD datang, penanggulangan bencana sudah selesai dilakukan. Mudah-mudahan seperti itu karena saya yakin rekan-rekan yang mengikuti pelatihan ini sudah siap jiwa dan raga, lahir maupun batin,” tegasnya.

Sementara ditempat yang sama, Nurul Sri Wardani, salah satu peserta dari Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong mengikuti kegiatan Bimtek penanggulangan tanah longsor ini sangat baik dan senang tentunya.”Kami di bimbing dan diberikan materi yang harus di share atau ilmu tersebut diberikan kembali kepada masyarakat dilingkungan kami masing-masing. Kami merasa tidak awam sekali ketika harus seperti apa dan bagaimana apabila terjadi bencana.Disinilah manfaat dan ilmu yang diberikan kepada kami,” ungkap Nurul sapaan akrabnya.

Masih kata Nurul,”Kami berharap ada ilmu-ilmu lanjutan yang memang berguna untuk masyarakat, walaupun tidak mendetail secara profesional, akan tetapi kami masyarakat ingin mengetahui ilmu-ilmu yang lainnya tentang kesiapsiagaan bencana tersebut.” pungkasnya.

(Taufik Hidayat)

Previous Dihari Pahlawan Nasional, 13 Siswa Mendapat Penghargaan Bintang Tahunan Dan Tanhas Dwika Awards
Next PID Hadir Memberikan Referensi dan Inovasi Bagi Desa

About author

You might also like

Hot News 0 Comments

IPSM Cisarua Tampil Eksis Galang Dana Di TWM

BOGOR, INFODESAKU- Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Cisarua melalukan berbagai macam terobosan dalam mewujudkan peran sertanya di masyarakat terutama yang berkaitan dengan penanganan masalah sosial kemasyarakatan. Terlebih lagi hal

Potensi 0 Comments

Olahraga Panjat Tebing Mulai Diminati Pelajar

BOGOR, INFODESAKU – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sukses melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah. Buktinya, minat pelajar terhadap olahraga ini semakin tinggi.  Seperti dikatakan Robert, salah satu pencinta olahraga panjat tebing

Hot News 0 Comments

Kekosongan Kursi Ketua DPRD Kota Sukabumi Kini Terisi

SUKABUMI, INFODESAKU – Kekosongan Kursi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi dari sekian lamanya, Akhirnya Yunus Suhandi Fraksi Partai Golkar telah dilantik menjadi Ketua DPRD Kota Sukabumi yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply